Rabu, 13 Juni 2012

Carport Berhias Tanaman

Kanopi balkon  carport berhias tanaman bukan lah hal yang baru. Sudah cukup banyak orang yang mengkombinasikan tanaman dengan carport. Alasannya juga berbagai macam, Ada yang mengajar keindahan. Memberi kesan hijau lantaran lahan yang terbatas. Juga memberi tawaran desain baru model penaung mobl yang lazimnya beratap beton atau kaca.
Kepopuleran carport tanaman rambat didukung oleh konstruksi sederhana. Cara membangunnya pun tidak jauh beda dengan carport biasa. Ia hanya perlu penambahan rambatan tanaman pada sisi atas kanopi.
Setelah rangka terbangun, Anda cukup menentukan posisi rencana awal tanaman rambat. Bisa dimulai dari tanaman dari bawah atau boks tanaman yang menjuntai dari arah balkon. Dua-duanya sah. Dan bisa diyerapkan sesuai selera. 
Buatlah bak-bak media tanam dari beton. Bak ini minimal berdimensi 50cmx50cmx50cm dengan bentuk persegi. Taruh bak-bak media tanam dipinggir sehingga tanaman rambat bisa Anda lekatkan pada atap carport.
Cara lain adalah dengan merambatkan tanaman dari taman disekitar carport. Buat terlebih dahulu rambatan dengan menggunakan wiremesh dengan jarak 10cm-15cm atau kawat jaring yang terhubung dengan atap. dari sanalah, tanaman akan menjalar ke seluruh kanopi.
Ada 3 tipe tanaman rambat, yaitu :
  1. Setengan merambat. Tanaman setengah merambat atau scamber's tumbuh ke arah atas seperti memanjat. Ia tidak memiliki batang untuk tumbuh melilit, tetapi memiliki cabang dengan arah pertumbuhan merayap. Media tanam yang cocok untuk jenis ini ialah wiremesh dengan kisi-kisi kecil dan dinding
  2. Melilit. Tanaman jenis ini memiliki media tanam dengan batangnya, namun beberapa jenis ada pula yang merambat dengan bantuan sulur yang tumbuh di cabang samping di ketiak daun. Tanaman ini bisa tumbuh dengan bantuan atang besi, stainless steel wire, maupun kisi-kisi kayu.
  3. Akar tempel. Disebut juga dengan nama cliger's, tanaman jenis ini tumbuh dengan melekatkan diri di tempat melekatnya menggunakan akar-akar yang tumbuh disepanjang batang. Jenis tanaman jenis ini, seperti hedera (ivy), bisa tumbuh sampai ketinggian 40cm dengan menempel pada permukaan dinding rumah.

   


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar